Kode Bank BRI – Kode Transfer BRI dan Kode Bank Indonesia Lainnya

Layanan transfer antarbank memang bukan sebuah hal yang asing di kalangan masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat yang melakukan transaksi setiap saat juga menjadikan layanan ini semakin banyak digunakan seiring berjalannya waktu. Kebutuhan transaksi harian yang pesat ini juga didukung oleh berbagai platform e-commerce dan layanan online timbul beberapa tahun belakangan.

Meskipun berbagai macam transaksi sekarang ini bisa dilakukan via aplikasi smartphone, jumlah masyarakat yang masih menggunakan mesin ATM untuk kebutuhan transfer antar bank masih sangat banyak. Selama kurang lebih 2 dekade terakhir, transaksi antar bank menggunakan mesin ATM sudah lebih dikenal oleh masyarakat dari berbagai generasi. Hal ini juga tentunya didukung oleh ketersediaan mesin ATM yang sudah tersebar dalam jumlah banyak di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Bank BRI sebagai salah satu bank BUMN paling tua di Indonesia juga tentunya menyediakan layanan transfer antar bank lewat mesin-mesin ATM mereka. Transfer antar bank dari atau ke rekening BRI juga tentu tidak terlepas dari penggunaan kode bank yang unik sebagai metode identifikasi rekening tujuan transfer. Untuk Anda semua yang belum tahu, berikut ini adalah informasi kode Bank BRI dan kode bank Indonesia lainnya.

Informasi Kode Bank BRI

Kode Bank BRI adalah “002” yang bisa digunakan sebagai 3 digit awal rekening tujuan saat melakukan transfer di bank lain.

No. Nama Bank Kode Bank
01 BRI (Bank Rakyat Indonesia) 002

Berikut ini adalah langkah-langkah cara transfer menggunakan kode bank BRI dari ATM bank lain:

  • Datanglah ke mesin ATM terdekat sesuai dengan bank pilihan Anda
  • Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM.
  • Masukkan 6 nomor PIN.
  • Kemudian pilih menu transfer antar bank/transfer ke bank lain.
  • Masukkan nomor rekening BRI yang diawali dengan kode bank (3 Digit Kode Bank + No.Rek). Contoh: 002135678XXXXX.
  • Pilih lanjut/benar, selanjutnya masukkan nominal uang yang akan ditransfer.
  • Pilih lanjut/benar, lalu lakukan verifikasi transaksi (ya/tidak).
Baca juga:  Kode SWIFT Pengiriman Antar Negara

Manfaat dan Kegunaan Kode Bank BRI

Penggunaan kode Bank BRI ini difungsikan sebagai metode identifikasi rekening tujuan transfer. Melalui kode bank tersebut, rekening tujuan diverifikasi secara otomatis sebagai rekening bank BRI sehingga bisa dibedakan dengan bank-bank lainnya. Kode bank juga digunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan transfer. Karena jika terdapat kesalahan saat memasukkan kode bank, transaksi tidak bisa diproses/batal.

Keuntungan Menggunakan Kode Bank BRI Saat Transfer Via ATM

Berikut berbagai keuntungan menggunakan Kode Bank BRI saat melakukan transfer via ATM BRI:

  • Sebagai metode identifikasi apabila rekening tujuan benar merupakan rekening BRI saat proses transfer dilakukan.
  • Mengurangi risiko terjadi kesalahan transfer ke rekening lain. Jika kode bank tidak tepat/sesuai dengan rekening tujuan, maka transaksi akan dibatalkan.
MENU UTAMA
Daftar isi