Keunggulan Kartu Kredit BRI JCB Platinum

banner bri

BRI JCB Platinum Merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu sebagai produk kartu travel & sport bagi segment profesional dan pengusaha, khususnya kegiatan traveling destinasi negara Asia

Filosofi Kartu Kredit BRI JCB Platinum

Kartu ini didesain dengan memadukan elemen Indonesia dan elemen Jepang untuk mewakili pihak BRI dan JCB sebagai penerbit kartu.

Nuri Irian adalah jenis burung nuri yang cantik dari pedalaman Papua, Indonesia Timur. Burung ini pandai menirukan beragam suara dari suara manusia hingga burung lain, serta memiliki bulu-bulu yang begitu menawan, mulai dari warna merah yang mendominasi seluruh badannya dan warna hitam di bagian kepala, punggung dan leher.

Selain mewakili Indonesia, Nuri Irian juga menggambarkan keterbukaan dan kebebasan karena spesies cantik ini begitu suka tinggal di alam terbuka.

Aktivasi dan PIN

Bila kartu Anda belum Aktif, pastikan nomor telepon yang digunakan sesuai dengan yang dicantumkan saat pengajuan aplikasi.

Aktifkan Kartu Anda dengan cara :

BRI(spasi)AKT(spasi)NamaPadaKartu#6DigitTerakhi rNomorKartuKreditBRI#8DigitTanggalLahir(ddmmy yyy)
Contoh : BRI AKT BRISTAMITRA#123456#01021990 Kirim ke 99333 (Tsel, XL, Axis, Indosat) atau 9333 (Operator Lain).

Apabila Kartu Anda telah Aktif, dapatkan PIN dengan cara :

PIN(spasi)KK(spasi)6DigitPertamaKartu#4DigitTera khirKartu#TanggalLahir(ddmmyyyy)
Contoh : PIN KK 518856#1234#01021990
Kirim ke 3300 melalui nomor HP yang terdaftar di BRI Card Center.

Apabila Anda menerima SMS PIN Sementara, Segera ubah PIN di ATM BRI Terdekat.

Cara Pembayaran

Rekening Tagihan Bulanan Rekening tagihan kartu kredit BRI JCB Platinum Anda Akan dikirim setiap bulan, berisi semua aktivitas transaksi pembelanjaan dan pengambilan uang tunai yang dilakukan. Sebelum meluna-si, baca terlebih dahulu dan cocokkan dengan faktur transaksi yang Anda terima dari tempat transaksi terjadi.

Pelunasan tagihan

Ada 2 cara melunasi tagihan kartu kredit BRI JCB Platinum Anda :
Lakukan pembayaran sebesar jumlah tagihan yang tertera di rekening tagihan. Lakukan pembayaran minimum sebesar 10% dari saldo tagihan baru atau minimal Rp 50.000 ditambah dengan tagihan yang tertunggak. Bila saldo tagihan baru melebihi limit kartu, kelebihannya harus dibayar penuh.

Keterangan Kartu Kredit Tambahan

Sebagai Pemegang Kartu kredit BRI JCB Platinum Utama, Anda bisa berbagi fasili-tas Kartu kredit Anda dengan anggota keluarga melalui kartu tambahan.

Persyaratan dan ketentuan :
Calon pemegang Kartu kredit tambahan berusia 17-65 tahun Kartu Kredit Tambah-an diberikan kepada suami/istri, anak, orang tua, saudara kandung dan mertua. Jenis Kartu Kredit Tambahan mengikuti jenis Kartu Utama yang Anda miliki saat ini Fotokopi Identitas calon pemegang Kartu Kredit Tambahan (SIM, KTP, Paspor, dll)

Syarat & Ketentuan

Penerbitan Kartu

Kartu Kredit BRI JCB Platinum dikeluarkan oleh BANK BRI dengan lisensi dari JCB International dan pemegang kartu adalah orang yang namanya tercantum pada kartu dan berhak menggunakan kartu.

Penggunaan Kartu

Kartu tidak dapat dipindah tangankan dan harus ditandatangani oleh orang yang namanya tercetak di atas kartu. Segala akibat yang timbul karena kelalaian atau atas penggunaan kartu atau penyalahgunaan Kartu Kredit BRI JCB Platinum oleh orang lain dengan atau tanpa ijin dari pemegang kartu menjadi beban dan tanggung jawab sepenuhnya dari pemegang kartu.

Masa Berlaku Kartu

  1. Kartu berlaku sampai dengan tanggal terakhir di bulan dan tahun yang tertera pada kartu, kecuali telah dibatalkan atau ditutup sebelumnya oleh BRI Card Center atau atas permintaan pemegang kartu.
  2. Kartu yang sudah berakhir masa berlakunya harus segera dimusnahkan oleh pemegang kartu untuk mencegah penyalahgunaan kartu oleh orang yang tidak berhakBRI Card Center berhak untuk memperpanjang masa berlaku kartu apabila tidak terjadi tunggakan atau tidak ada penutupan kartu.
Baca juga:  Keuntungan Permata Hero Card

Transaksi Kartu

  1. Transaksi kartu ditagihkan dalam mata uang rupiah, terhadap transaksi dengan valuta asing akan dikonversikan ke dalam rupiah sesuai dengan nilai tukar BRI Card Center pada saat transaksi dilakukan.
  2. Transaksi yang ditagihkan adalah sebesar jumlah yang tercantum pada sales draft yang ditagihkan oleh merchant dan pemegang kartu dianggap telah menyetujui transaksi yang ditagihkan melalui billing statement apabila tidak ada sanggahan sampai dengan 15 (lima belas) hari terhitung sejak billing statement diterima.
  3. BRI Card Center berhak membatasi pemakaian kredit atau menolak transaksi baik untuk sementara atau selamanya.

Pembayaran Tagihan

  1. BRI Card Center akan menerbitkan dan mengirimkan lembar penagihan ke alamat pemegang kartu utama. Pemakaian kartu tambahan akan menjadi tanggung jawab pemegang kartu utama dan ditagihkan bersama-sama dalam lembar tagihan kartu utama.
  2. Pemegang kartu utama wajib melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pembayaran minimum bulan tersebut wajib dibayar penuh.
    • Pembayaran penuh atas total tagihan diperkenankan, kecuali ditetapkan lain oleh BANK BRI.
    • Bila pembayaran dilakukan setelah lewat tanggal jatuh tempo, atau apabila jumlah pembayaran kurang dari pembayaran minimum, maka BANK BRI akan mengenakan biaya keterlambatan.
    • Apabila terdapat kelebihan pemakaian batas kredit, maka BANK BRI akan mengenakan biaya over limit.
  3. Apabila kartu ingin ditutup, maka seluruh tagihan harus dilunasi terlebih dahulu.
  4. Pembayaran tagihan berlaku efektif setelah tercatat pada pembukuan di BRI Card Center.
  5. Bila pemegang kartu dinyatakan lalai dalam melaksanakan kewajiban yang timbul dari penggunaan kartu, BRI Card Center berhak untuk memblokir kartu, mendebet/ mencairkan rekening tabungan pemegang kartu yang ada di BANK BRI.
  6. BANK BRI berhak untuk memberikan kuasa kepada pihak ketiga manapun untuk dan atas nama BANK BRI dalam hal melakukan proses penagihan Kartu Kredit BRI terhadap kualitas kredit macet, dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Kolektibilitas Pembayaran

  1. Kolektibilitas “Lancar”, tidak ada keterlambatan dalam pembayaran kartu.
  2. Kolektibilitas “Dalam Perhatian Khusus”, keterlambatan pembayaran kartu antara 1-90 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini BRI Card Center berhak melakukan pemblokiran sementara sehingga kartu tidak dapat digunakan sampai dilakukannya pembayaran minimal sebesar pembayaran minimum.
  3. Kolektibilitas “Kurang Lancar” keterlambatan pembayaran kartu antara 91-120 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini kartu akan terblokir permanen dan kartu tidak dapat digunakan kembali.
  4. Kolektibilitas “Diragukan”, keterlambatan pembayaran kartu antara 121-180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat dipergunakan kembali.
  5. Kolektibilitas “Macet”, keterlambatan pembayaran kartu 180 hari lebih setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat dipergunakan kembali.

Kehilangan Kartu

  1. BRI Card Center berhak untuk tidak mengganti kartu yang dilaporkan hilang/ dicuri apabila pemegang kartu sedang dalam keadaan menunggak tagihan.
  2. Untuk setiap penggantian kartu yang dilaporkan hilang/ dicuri pemegang kartu akan dikenakan biaya penggantian kartu.

Penutupan dan Pembatalan Kartu Kredit BRI JCB Platinum

  • Pemegang kartu berhak setiap saat untuk menutup Kartu Kredit BRI JCB Platinum-nya dengan mengajukan permohonan kepada BANK BRI.
  • Apabila terhadap kartu kredit yang diajukan penutupannya masih terdapat tagihan baik yang telah maupun belum jatuh tempo wajib untuk dilunasi.
  • Apabila permohonan penutupan kartu disetujui, maka pemegang kartu wajib untuk menggunting Kartu Kredit BRI JCB Platinum yang telah ditutup tersebut.
  • Penutupan akan diproses dalam jangka waktu

paling lama 3 (tiga) hari sejak:

    • Tanggal diterimanya permohonan, dalam hal pemegang kartu tidak memiliki kewajiban kepada BANK BRI.
    • Tanggal diterimanya pelunasan seluruh kewajiban Pemegang kartu kredit oleh BANK BRI, dalam hal pemegang kartu masih memiliki kewajiban kepada BANK BRI.
  • Bank setiap saat (tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemegang kartu) dapat membatalkan atau tidak memperpanjang kartu apabila terdapat:
    • Pemegang kartu telah melanggar syarat dan ketentuan umum Kartu Kredit BRI JCB Platinum.
    • Nama pemegang kartu tercantum dalam daftar hitam Bank Indonesia atau AKKI.
    • Pemegang kartu lalai atau melanggar suatu ketentuan dalam perjanjian kredit antara bank dengan pemegang kartu.
    • Pemegang kartu dengan ini membebaskan bank dari segala tanggung jawab, tuntutan/gugatan/ klaim apapun dan siapapun termasuk dari pemegang kartu sehubungan dilakukannya pembatalan kartu tersebut oleh bank.
Baca juga:  Keuntungan & Persyaratan Kredit Permaisuri Bank Sumut

Perubahan Alamat

  1. Alamat dan nomor telepon pemegang kartu (rumah/ kantor) yang dipergunakan BRI Card Center adalah alamat dan nomor telepon yang terakhir tercatat di BRI Card Center.
  2. Apabila terjadi perubahan alamat dan nomor telepon, pemegang kartu wajib menyampaikan pemberitahuan ke BANK BRI Card Center melalui 14017/ 1500017.

Langkah-langkah pembayaran Kartu BRI JCB Platinum

Jaringan ATM BRI

Jika Anda mempunyai rekening Tabungan BRI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI di mana pun Anda berada.

  1. Pilih menu Transaksi Lain.
  2. Pilih menu Pembayaran.
  3. Pilih menu Kartu Kredit/ KTA.
  4. Pilih menu BRI.
  5. Masukkan 16 angka nomor kartu kredit Anda.
  6. Pilih Ya, pada menu untuk melanjutkan transaksi.
  7. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan.
  8. Pilih Ya, pada menu konfirmasi pembayaran.

Jaringan ATM Prima

Bagi Anda yang merupakan nasabah dari bank lain yang masuk dalam jaringan ATM Prima, Anda dapat melakukan pembayaran melalui Jaringan ATM Prima.

  1. Pilih menu Transfer.
  2. Pilih menu Rekening Bank Lain.
  3. Masukkan Kode Bank (Kode Bank BRI: 002).
  4. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan.

Jaringan ATM Bersama

Bagi Anda yang merupakan nasabah dari bank lain yang masuk dalam jaringan ATM Bersama, Anda dapat melakukan pembayaran melalui Jaringan ATM Bersama.

  1. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  2. Pilih menu Transfer/ Pemindahan Dana.
  3. Pilih menu Kode Bank dan masukkan 16 nomor Kartu Kredit BRI (kode Bank BRI: 002).
  4. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan.
  5. Masukkan nomor referensi transfer Anda, jika tidak perlu pilih Ya/ Benar.
  6. Pilih sumber dana pembayaran.
  7. Pilih Ya/ Benar pada menu konfirmasi pembayaran.
    * Biaya transfer pembayaran sebesar Rp 6.500,-.

Transfer Antar Bank

Untuk Anda yang akan melakukan pembayaran tagihan Kartu Kredit BRI JCB Platinum dengan jumlah besar (yang tidak dapat dilakukan melalui ATM) dapat menggunakan transfer antar bank yang ditujukan ke nomor rekening 0229-01-000-857-998 a.n. rekening titipan Kartu Kredit BRI dengan mencantumkan nama dan nomor Kartu BRI JCB Platinum Anda pada kolom berita.

SMS Banking

SMS Banking adalah layanan yang memungkinkan Anda yang dinamis dan seringkali tidak sempat untuk ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui media SMS. Manfaatkan fasilitas SMS Banking yang mudah, cepat dan hemat waktu untuk melakukan pembayaran Kartu BRI JCB Platinum Anda.

  • Melakukan registrasi di ATM BRI

Cara registrasi SMS Banking:

  • Masukkan kartu ATM.
  • Masukkan PIN ATM.
  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih Registrasi.
  • Pilih Registrasi SMS Banking.
  • Masukkan nomor PIN Anda.
  • Kembali masukkan nomor PIN Anda.
  • Nasabah menerima struk ATM.

Setelah melakukan registrasi di ATM BRI, maka selanjutnya Anda dapat mendatangi unit kerja BRI terdekat untuk mendapatkan aplikasi tersebut.

  • Pembayaran Kartu Kredit BRI JCB Platinum

Pada SMS Banking bermenu, pilih menu Payment.

  • Kemudian pilih menu Kartu Kredit/ KTA.
  • Kemudian pilih BRI.
  • Masukkan data:
    • Nomor kartu kredit.
    • Jumlah pembayaran (Rp).

Internet Banking

Manfaatkan fasilitas Internet Banking yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan setiap pembayaran tagihan kartu kredit Anda.

Melakukan regitrasi di ATM/ Mini ATM BRI

  1. Masukkan Kartu ATM dan Nomor PIN ATM.
  2. Pilih menu Transaksi Lain.
  3. Pilih Registrasi.
  4. Pilih Registrasi Internet Banking.
  5. Setujui Syarat & Ketentuan.
  6. Create PIN/ Password Internet Banking.
  7. Muncul di layar, konfirmasi registrasi dan informasi User ID.
  8. Nasabah menerima struk ATM/ Mini ATM.

Melakukan registrasi finansial di unit kerja BRI atau registrasi finansial mToken.

Melakukan registrasi di Internet Banking BRI

  1. Masuk ke https://ib.bri.co.id untuk login ke Internet Banking BRI.
  2. Masukkan User ID, password dan kode Captcha, lanjutkan dengan langkah berikut untuk melakukan pembayaran.
  3. Pilih menu Pembayaran & Pembelian.
  4. Pada sub-menu pembayaran tagihan, pilih Kartu Kredit BANK BRI.
  5. Isi nomor kartu kredit dan pilih Simpan apabila ingin menyimpan nomor kartu kredit Anda untuk keperluan pembayaran selanjutnya.
  6. Pilih Kirim.
  7. Akan muncul rincian pembayaran berupa data:
    • Nomor Kartu Kredit.
    • Nama Pelanggan.
    • Jumlah Tagihan.
    • Pembayaran Minimum.
    • Tanggal Jatuh Tempo.
  8. Pilih pembayaran penuh, pembayaran minimum atau jumlah tertentu lalu pilih Kirim.
  9. Akan muncul konfirmasi data, pastikan data yang tertera sudah benar.
  10. Isi password dan nomor token Anda lalu pilih Kirim.
MENU UTAMA
Daftar isi