Apa Saja Jenis Produk e-Money di Indonesia?

Penggunaan e-Money tergolong praktis, fleksibel dan mudah digunakan semua orang. Berdasarkan bentuk fisiknya, e-Money dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni: Pre-paid Card untuk e-Money berbentuk kartu serta e-Wallet yang tersedia dalam aplikasi digital. Berikut jenis e-Money dan produk-produk yang beredar di Indonesia:

Pre-paid Card/Kartu Pra Bayar

e-Money dalam bentuk kartu yang beredar hanya dikeluarkan oleh pihak perbankan yang telah mengantongi izin khusus dari Bank Indonesia. Penggunaan kartu ini terbilang sangat fleksibel, semua orang bisa membeli e-Money berbentuk kartu pra bayar, menyimpan sejumlah uang, dan menggunakannya sebagai alat transaksi pembayaran.

Kartu e-Money perdana dapat dibeli dengan mudah dan tidak memprasyaratkan seseorang memiliki rekening perbankan. Batas nilai uang elektronik yang dapat disimpan dalam media uang elektronik untuk jenis kartu unregistered (tidak terdaftar) paling banyak sebesar Rp1 juta, sedangkan uang elektronik untuk jenis kartu registered (terdaftar) paling banyak sebesar Rp5 juta.

e-Money berbentuk kartu tanpa registrasi data diri pengguna memiliki maksimum saldo Rp1.000.000, saldo ini tidak berbunga dan tidak dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Kartu ini dapat dipindahtangankan dan bisa diisi ulang (top up) di secara tunai di ATM bank penerbit e-Money atau ATM bersama, mesin EDC, maupun di gerai Indomaret/Alfamart dan merchant-merchant yang menerima transaksi e-Money. Berikut beberapa contoh e-Money berbentuk kartu pra bayar yang banyak beredar dan memiliki cakupan penggunaan yang luas di seluruh Indonesia.

    • e-Money Bank Mandiri
      Bank Mandiri menjadi salah satu bank pemerintah yang serius menggeluti peluang bisnis dari e-Money. e-Money dari Bank Mandiri dapat dengan mudah dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri, saldo maksimal yang tersimpan adalah Rp1 juta, dan dapat diisi ulang dan dipindahtangankan. Pembelian kartu perdana Mandiri e-Money dapat dilakukan di Cabang Bank Mandiri, Merchant retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven dan Hypermart.Khusus e-Money berbentuk pre-paid card, Bank Mandiri memiliki 3 jenis kartu yang secara khusus didesain dengan fitur tertentu di dalamnya, antara lain: Indomaret Card (Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja dan juga mendapatkan potongan harga khusus pada gerai-gerai Indomaret) ; Gaz Card (Mandiri mengeluarkan kartu ini dengan kegunaan untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Pom Bensin milik Pertamina) ; E-Toll (Kartu ini bisa digunakan untuk membayar akses jalan tol)e-Money kartu yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri tersebut menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan harian seperti halnya untuk pembayaran tagihan rutin (khusus di gerai Indomaret) seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha.
      Selain hal tersebut, Bank Mandiri juga memberikan kemudahan dalam melakukan isi ulang e-Money, di antaranya: melakukan pengisian ulang di ATM tunai dan juga non tunai yang dilengkapi dengan reader e-Money. Bank Mandiri juga menyediakan aplikasi online yang diberi nama e-Money Isi Ulang yang bisa diakses dengan perangkat android berfitur NFC (Near Field Communication). Pengisian melalui aplikasi ini akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500,- dengan minimal pengisian sebesar Rp100.000,-.
    • Tap Cash dari BNI
      Kartu yang dikeluarkan oleh Bank BNI ini juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja di Indomaret dan juga Alfamart, bahkan untuk membayar tiket Bus Trans Jakarta dan juga membayar E-Parking. Sedangkan untuk pengisian ulang, bisa dilakukan di berbagai merchant-merchant yang bekerja sama dengan Bank BNI atau pada cabang-cabang Bank BNI terdekat.TapCash BNI dapat dibeli di cabang Bank BNI dan merchant-merchant yang bekerja sama dengan BNI. Kartu TapCash BNI bisa digunakan untuk membayar transaksi mulai dari membayar biaya transportasi umum Transjakarta, kereta Commuter Line Jabodetabek, E-Parking, Snowbay Waterpark, hingga makan di kantin Universitas Indonesia, dan restoran yang menerima transaksi TapCash BNI di wilayah Jabodetabek, Makasar, Bandung, Medan, Padang, Denpasar, Palembang, Yogyakarta, Pekanbaru, Semarang dan Surabaya.
    • Flazz dari Bank BCA
      Salah satu Pre-paid card yang paling banyak digunakan adalah Flazz yang dikeluarkan oleh Bank BCA. Penggunaan kartu Flazz BCA memiliki cakupan yang luas dan multifungsi karena bisa digunakan untuk pembayaran di Tol Cipali, food and beverage, minimarket, supermarket, hipermarket, SPBU, parkir, toko buku, tempat rekreasi, transportasi umum (Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek dan Trans Jogja) dan banyak lagi jenis merchant lainnya di lebih dari 57 ribu outlet merchant.Kartu Flazz bisa di beli di seluruh kantor Cabang BCA, stand penjualan Flazz dan merchant penjualan Flazz. Kota jangkauan Flazz juga luas mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Medan, Batam, Padang, Banjarmasin, Serang, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Manado dan Pontianak.
    • BRIZZI dari BRI
      BRI juga memiliki e-Money berbentuk kartu yang bernama BRIZZI. Kartu ini bisa dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening BRI). Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via EDC maupun ATM), mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp1,- sampai dengan Rp1.000.000. Dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI dan memiliki beragam promo yang menarik.
  • e-Wallet/Aplikasi

e-Wallet merupakan e-Money yang dikemas dalam bentuk yang berbeda dengan Pre-paid card, di mana produk ini diberikan dalam layanan aplikasi online, sehingga memungkinkan bagi perusahaan non bank untuk menerbitkannya. Selain bank sebagai lembaga keuangan, perusahaan operator telekomunikasi juga mencoba peruntungan di bisnis ini. Beberapa produk e-Wallet yang cukup dikenal di Indonesia antara lain:

    • E-Cash dari Bank Mandiri
      Selain mengeluarkan Pre-paid card, Bank Mandiri juga mengeluarkan produk Mandiri E-Cash dalam melengkapi produk e-Money mereka. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja di merchant-merchant mitra dan juga untuk berbagai transaksi keuangan secara online.Mandiri E-Cash bisa diakses melalui smartphone tanpa perlu mendatangi Bank Mandiri secara langsung. Cukup lakukan registrasi dan juga verifikasi data melalui SMS, maka fasilitas ini sudah bisa dimiliki dengan mudah. Sedangkan untuk pengisian ulang, Bank Mandiri memberi kemudahan melalui fasilitas E-Banking Bank Mandiri, transfer melalui bank lain, atau pengisian secara tunai di agen E-Cash.
    • T-cash Tap dari Telkomsel
      Salah satu perusahaan non bank yang memberikan layanan e-Money adalah Telkomsel. Perusahaan yang bergerak di bidang operator telekomunikasi ini mengeluarkan produk T-Cash Tap yang memungkinkan pengguna dapat melakukan transaksi belanja dengan teknologi NFC pada smartphone. Meski begitu, para pengguna smartphone yang belum didukung dengan teknologi NFC tetap bisa menggunakan T-Cash Tap, sebab Telkomsel menyediakan stiker NFC yang bisa dipasang pada smartphone dan digunakan pada saat transaksi T-Cash Tap.
    • Rekening Ponsel dari Bank CIMB Niaga
      Hampir sama dengan e-Wallet lainnya, CIMB Niaga juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan melalui produk ini. Beragam transaksi belanja online bisa dilakukan dengan Rekening Ponsel, hal ini tentu dibarengi dengan berbagai promo dan juga cashback yang dikeluarkan oleh gerai partner.Namun untuk mendapatkan Rekening Ponsel terbilang cukup merepotkan, di mana calon pengguna harus datang langsung ke Bank CIMB Niaga atau Digital Lounge CIMB Niaga dan melakukan pembukaan Rekening Ponsel. Hal ini akan membutuhkan KTP serta beberapa data diri yang diisikan pada formulir pengajuan rekening. Sedangkan untuk pengisian ulang bisa dilakukan dengan melakukan setoran tunai di Bank CIMB Niaga, transfer ATM, serta melalui gerai Indomaret dan Alfamart.
Baca juga:  Sekilas Mengenai Layanan Pembayaran LinkAja

 

MENU UTAMA